-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mengenal Framework Dalam dunia Web Development

2 Des 2014 | Desember 02, 2014 WIB | 0 Views Last Updated 2018-02-16T06:47:27Z
Framework CI
Framework, selama blog ini hadir saya belum pernah membahas apa itu framework dan apa kegunaan dari framework tersebut. Artikel ini saya tulis dengan lanjutan kedepannya akan mencoba mengulas dunia framework dan disini saya akan mengulas salah satu Framework yang mudah untuk di gunakan dan mudah di pelajari, tentunya juga di mudahkan dengan banyaknya tutorial yang di bagikan di dunia maya seperti tutorial membangun sebuah blog dari blogger.

Sebelum kita memulai membahas salah satu framework ada baiknya kita mengetahui tentang framework itu sendiri.

Apa itu Framework ?

Framework merupakan sebuah struktur konsep dasar yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan, bahkan isu-isu kompleks yang ada dalam membangun sebuah website . Sebuah framework telah berisi sekumpulan arsitektur/konsep-konsep yang dapat mempermudah dalam pemecahan sebuah permasalahan. Perlu diingat, framework bukanlah peralatan/tools untuk memecahkan sebuah masalah, tetapi sebagai alat bantu. Framework hanya menjadi sebuah konstruksi dasar yang menopang sebuah konsep atau sistem yang bersifat “essential support” atau dengan kata lain “penting tapi bukan komponen utama”.

Nah, tentunya dengan sedikit ulasan tentang framework sobat chekmad sudah tahu apa itu framework dan selanjutnya mengapa kita menggunakan framework. Mengetahui mengapa kita membutuhkan atau ingin menggunakan framework akan menjadi acuan dasar buat kita menentukan penting atau tidaknya, bermanfaat atau mubazir jika kita menggunakan framework.

Mengapa Kita Menggunakan Framework ?

Salah satu alasan mengapa orang menggunakan framework adalah untuk membangun website/aplikasi adalah kemudahan yang ditawarkan. Pada framework biasanya sudah tersedia struktur aplikasi yang baik, yaitu: standar coding, best practice, design pattern, dan common function. Dengan menggunakan framework kita dapat langsung fokus kepada bussines process yang dihadapi tanpa harus berfikir banyak masalah struktur aplikasi, standar coding dan lain-lain.

Dengan memanfaatkan design pattern dan common function yang telah ada di dalam framework maka hal tersebut dapat mempercepat proses pengembangan aplikasi. Kita tidak perlu membuat sesuatu fungsionalitas yang bersifat umum. Tanpa disadari ketika kita membangun sebuah aplikasi yang banyak melibatkan fungsionalitas yang telah dibangun itu ternyata sama/berulang-ulang. Nah dengan pengelompokkan itulah kita dapat mempercepat proses pengembangan aplikasi.

Selain kemudahan dan kecepatan dalam membangun sistem, dengan menggunakan framework kita juga dapat “menyeragamkan” cara kita mengimplementasikan kode program. Dengan framework kita akan “dipaksa” untuk patuh kepada sebuah kesepakatan. Yang pasti dengan framework itu akan memudahkan pengembang lain untuk mempelajari dan mengubah aplikasi yang telah dibuat, dengan catatan kode yang hasilkan konsisten dan patuh pada sebuah aturan tertentu.

- *** -

Dengan pembahasan singkat diatas semoga bisa membantu sobat chekmad mengenal dan memahami apa itu framework.

Akhirnya terima kasih sudah membaca artikel diatas, semoga bermanfaat
×
Berita Terbaru Update