-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Belajar Dasar Jurnalistik Untuk Pemula

9 Sep 2018 | September 09, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2018-09-09T13:58:22Z
Perlukah seorang bloger belajar Dasar Jurnalistik, anda dapat menjawabnya di dalam hati masing-masing. Tulisan kali ini dengan judul "Dasar Jurnalistik Untuk Pemula" penting bagi penulis untuk belajar bagaimana memadukan cara menulis seorang bloger dan jurnalis. yuk yang mau belajar bareng ...
ilustrasi Dasar jurnalistik untuk pemula
Jurnalisme 

Jurnalisme berasal dari kata journal, Para pakar mengatakan, “Journal” atau “du jour” berasal dari Bahasa latin “Diunalis”, yang artinya catatan harian atau catatan kejadian sehari-hari.

Sedangkan  jurnalistik adalah proses pembuatan berita (news processing) dan penyebarluasan berita melalui media massa.

dikutip dari blog medium.com, Istilah jurnalistik itu sendiri dapat ditinjau dari tiga sudut pandang, yakni : 1) secara harfiyah; 2) secara konseptual; dan 3) secara praktis.

Secara harfiyah, jurnalistik (journalistic) artinya kewartawanan atau kepenulisan. Kata dasarnya jurnal (journal), artinya laporan atau catatan, atau jour dalam bahasa Prancis yang berarti hari (day). Asal-muasalnya dari bahasa Yunani kuno, du jour yang berarti hari, yakni kejadian hari ini yang diberitakan dalam lembaran-lembaran tercetak.

Sedangkan secara konseptual, jurnalistik dapat dipahami dari 3 (tiga) sudut pandang, yakni sebagai 1) proses; 2) teknik; dan 3) ilmu.

Untuk teknikpembuatan berita sebagaimana dikutip dari blognya athisa yang juga membahas dasar-dasar jurnalistik menuliskan Teknis proses pembuatan berita meliputi 4 tahap :

News Planning = Tahap Perencanaan Berita.
Dalam tahap ini redaksi melakukan rapat proyeksi, yakni merencanakan berita yang akan di muat.  perencanaan ini mengacu pada visi, misi, rubrikasi, nilai berita, dan kode etik jurnalistik. Dalam rapat ini tim redaksi menentukan jenis dan tema berita yang akan dimuat, lalu membagikan tugas  kepada wartawan untuk mencari sumber berita sesuai jenis dan tema berita yang di sepakati.

News Hunting = Tahap Pengumpulan Bahan Berita.
Setelah rapat proyeksi dan pembagian tugas, para wartawan mengumpulkan  fakta dan data yang di peroleh di lapangan, baik melalui liputan,  literatur, maupun wawancara.

News Writing = Tahap Penulisan Naskah.
Pada tahap ini, Wartawan melakukan penulisan naskah berdasarkan data yang terkumpul.

News Editing = Tahap Penyuntingan Naskah.
Pada tahap ini Tim Editor akan menyunting naskah yang sudah ditulis. Penyuntingan naskah meliputi redaksional dan isi berita. Misalnya, perbaikan kalimat, kata, sistematika penulisan, dan substansi naskah, pembuatan judul serta penyesuaian naskah dengan kolom yang tersedia.

×
Berita Terbaru Update