-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pengertian Internet dan Bagaimana Internet Itu Bekerja

5 Sep 2018 | September 05, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2018-09-05T06:05:46Z
AWN -- Istilah Internet sudah sangat sering di dengar dan di gunakan. Definisi yang sering digunakan adalah bahwa internet merupakan jaringan dari jaringan lainnya.
Internet adalah tidak satu kesatuan dengan pemilik tunggal; melainkan terdiri dari hirarki jaringan individu yang telah terhubung satu sama lain. Jaringan ini berkisar dari jaringan area lokal (LAN) yang dapat ditemukan di banyak bisnis dan universitas untuk jaringan telepon dan data yang menghubungkan kota-kota dan negara-negara dengan kabel serat optik dan link satelit.

Ilustrasi Internet (foto:Doc Pri)

Pengertian Internet

Pengertian Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan suatu sistem standar global transmission control protocol/internet protocol suite (TCP/IP) yang digunakan sebagai protokol pertukaran paket dalam melayani miliaran pengguna yang terdapat di seluruh dunia. Internet merupakan kependekan dari interconnected network.  Internet juga dapat diartikan sebagai jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaaan atau milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi misalnya telepon, satelit, dan sebagainya. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").

Dua faktor kunci dalam desain jaringan internet yang digunakan saat ini
  1. Jaringan tidak akan memiliki komputer yang mengendalikan pusat. Setiap komputer pada jaringan akan diasumsikan memiliki otoritas yang sama pada setiap komputer lainnya.
  2. Jaringan harus mampu memberikan informasi antara dua komputer di jaringan bahkan jika beberapa mesin di jaringan telah gagal. Akan ada sejumlah besar rute alternatif melalui jaringan lainnya, sehingga tidak perlu bagi informasi untuk melakukan perjalanan dengan rute yang paling langsung, melainkan bisa berjalan di rute lingkaran lainnya, untuk menghindari bagian yang rusak dari jaringan.


Fungsi Internet -  Secara sederhana, fungsi internet adalah sebagai berikut,
  • Sebagai media komunikasi 
  • Sebagai salah satu tempat untuk akses informasi 
  • Berbagi sumber daya atau data
  • Dapat menyiarkan dan mengakses secara langsung baik itu berita dan bertukar data dengan internet online ke seluruh dunia. 

Sejarah Internet 

Sejarah Internet - Internet adalah suatu jaringan komputer yang pertama kali dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, dengan proyek ARPA yang disebut ARPANET. ARPA NET kekepanjangan dari Advanced Research Project Agency Network yang mendemonstrasikan cara suatu hadware dan software komputer memiliki basis UNIX dengan berkomunikasi dalam jarak yang jauh dengan saluran telepon. 

Proyek ARPANET dirancang dengan standarisasi kehandalan dan berapa besaran informasi yang dapat kirim untuk saling bertukar informasi yang dari hal tersebut terbentuklah TCP/IP yang dikenal dengan Transmision Control Protocol/Internet Protocol). Tujuan awal dari Proyek ARPANET hanyalah keperluan militer untuk menghubungkan daerah atau wilayah vital. 

ARPANET di tahun 1969 awalnya hanya dapat menghubungkan 4 situs seperti Stanford Research Institute, University of Calirofornia, Santa Barbara, University of Utah. Lalu di bulan Oktober 1972 ARPANET dikenalkan secara umum dan berkembang pesat di seluruh wilayah sampai ARPANET kesulitan. Dari kesulitan tersebut, ARPANET dipecah menjadi dua yaitu MILNET untuk keperluan militer dan APRANET untuk keperluan non-militer. Seiring berjalannya waktu, masyarakat dikenal dengannama DARPA dan disederhanakan menjadi Internet seperti sekarang ini. 

Istilah internet sendiri pertama kali di tahun 1982 dengan perkembangan name server membuat para pengguna dapat terhubung ke suatu host tertentu. 

Perkembangan Internet Saat Ini, Saat ini internet dikelola dan dijaga oleh perjanjian multilateral dan protokol yang menampilkan perpindahan data antara rangkaian. Protokol dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF) yang terbuka secara umum. Badan yang mengeluarkan sebuah dokumen yang dikenal dengan RFC yaitu Request For Comment yang sebagian datanya dijadikan sebagai Standar Internet oleh Badan Arsitektur Internet. Prokotol-protokol internet biasa digunakan adalah IP, TCP, UDP, DNS, IMAP, SMPTP, HTTPS,FTP, SSL, HTTP, LDAP, dll. 
 

 
×
Berita Terbaru Update