-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Penyebab, Gejala, Serta Pengobatan Tradisional Penyakit Asam Lambung

6 Mar 2018 | Maret 06, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2018-03-06T01:43:49Z

AWN - Dalam istilah medis asam lambung juga dikenal sebagai penyakit GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease, cirinya adalah adanya rasa seperti sensasi terbakar di bagian dada akibat asam lambung penderita yang naik menuju esophagus. Secara umum penyebabnya karena bagian LES atau Lower esophageal sphinchter yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

LES pada manusia terdapat di wilayah otot lingkar bagian bawah esophagus. Fungsinya secara alamiah adalah seperti pintu otomatis, dimana ketika makanan atau minuman turun ke bagian lambung, LES akan terbuka. Setelahnya, LES akan kembali menutup agar asam lambung tak kembali naik ke bagian esophagus. Fungsi LES yang tidak sebagaimana normalnya inilah yang menjadikan orang terkena penyakit asam lambung.

GERD juga punya penyebab yang sangat beragam. Yang antara lain; kondisi stress, faktor keturunan, karena sedang menjalani pengobatan dan harus mengkonsumsi obat-obatan tertentu, obesitas, hiatus hernia, dalam masa kehamilan, terlalu banyak dan sering mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi, serta gastroparesis.

Asam lambung, adalah zat yang penting, tetapi bila intensitasnya tinggi, selanjutnya malahan dapat memicu masalah kesehatan antara lain, maag, maag kronis, hingga masalah yang lebih serius seperti tukak lambung. Sebenarnya apa penyebab asam lambung ini?

Pengobatan untuk Asam Lambung Naik

Kebanyakan penyebab utama asam lambung, ditengarai karena gaya hidup. Perubahan gaya hidup bahkan mengurangi ketegangan dan stres bisa dijadikan acuan untuk menyembuhkan penyakit asam lambung yang terjadi. Berikut ini adalah hal sederhana namun efektif untuk mengatasi kondisi asam lambung.

Tidur 8 jam sehari di waktu malam, Mengurangi konsumsi makanan pedas, Menghentikan atau menghindari minuman beralkohol, juga kebiasaan merokok

Jenis minuman dengan kandungan kafein, seperti teh, kopi juga minuman jenis cola yang berkarbonasi. Mengatur pola makan, sebaiknya 3 kali sehari dengan porsi cukup dan berimbang serta waktu yang teratur dan Menjauhi penyebab stress

Bila sudah terlanjur terkena, dan memasuki intentsitas yang parah. Biasanya penderita sangat disarankan untuk menemui dokter. Selanjutnya dokter akan memberikan resep obat-obatan yang berfungsi untuk menurunkan asam lambung yang tinggi.

Selain dengan mengandalkan pengobatan medis. Secara turun temurun ada juga pengobatan dengan memanfaatkan herbal. Beberapa dipercaya memberikan efek terapeutik yang sangat baik untuk kesembuhan pasien tersebut. Berikut ini adalah daftar jenis tanaman obat untuk meredakan asam lambung.

1. Buah Pisang
Sudah sejak lama, buah pisang raja dipergunakan nenek moyang masyarakat Indonesia sebagai MP ASI (Makanan Pendamping ASI). Teksturnya yang lembut, serta cenderung manis ketika sudah matang menjadikan buah yang satu ini sangat nikmat untuk dikonsumsi. Tetapi ternyata dibalik hal tersebut terdapat pula khasiat untuk mengatasi asam lambung karena mengandung anti luka pada lambung.

Untuk menjadikan buah pisang raja sebagai herbal guna mengobati penyakit ini ada caranya. Pertama buah pisang dipilih yang sudah tua tetapi cenderung belum terlalu matang. Pisang dipotong tipis-tipis seperti dalam pembuatan keripik.

Selanjutnya, jemur dan anginkan hingga kering. Pisang yang sudah kering lantas diblender sampai seperti bubuk, dan bisa dikonsumsi dengan mencampur 2 sendok bubuk pisang dengan madu asli. Waktu yang paling tepat untuk meminumnya adalah pada pagi dan malam hari.

2. Kacang Hijau
Jenis polong-polongan yaitu kacang hijau juga dipercaya bisa jadi alternatif herbal untuk atasi penyakit asam lambung. Selain bisa menebalkan lapisan lambung cara mengolahnya pun gampang. Cukup buat menjadi bubur kacang hijau sebagaimana biasanya, dengan tempo memasak yang tidak terlalu lama. Untuk mendapatkan efek maksimal, waktu yang paling pas adalah pagi dan sore hari untuk mengonsuminya.

3. Mentimun
Sayuran yang satu ini mudah dijumpai dan bisa dikonsumsi secara langsung. Untuk menjadikannya sebagai obat herbal untuk asam lambung pilih mentimun segar yang bebas dari bintik kuning apalagi kehitaman. Cukup dengan mengkonsumsi irisan mentimun setebal 1 cm dan dikonsumsi tiap 2 jam sekali, niscaya kelebihan asam lambung dapat teratasi.

Selain itu ada juga cara lain. Mentimun mentah dikupas dan dibuang bagian biji serta kulitnya. Ini untuk menjaga kesegaran dan kandung nutrisi dari mentimun tersebut. Selanjutnya bisa dicampurkan dengan bahan herbal lain yang juga dipercaya baik dan bisa memberikan efek positif untuk meredakan asam lambung seperti; yogurt, wortel, mint ataupun bawang putih mentah, setelahnya bisa dikonsumsi langsung.

Beberapa orang mungkin tidak terlalu suka dengan mentimun. Karena itu mungkin bisa dijadikan mentimun parut untuk dijadikan semacam saus pada salad atau roti. Ini untuk mencegah keasaman lambung  terus terjadi.

4. Kunyit
Studi pada tahun 1953 telah menunjukkan bahwa salah satu herbal yakni kunyit juga punya efek yang maksimal untuk mengobati asam lambung. Cara untuk menyiapkannya juga cukup sederhana, hanya dengan memarut kunyit berukuran sebesar 2 jari tangan yang telah dibersihkan tentunya, selanjutnya kemudian diperas dengan menggunakan kain bersih untuk kemudian didiamkan lalu diambil airnya. Meminum ramuan ini sebanyak 2 kali pada pagi sebelum makan dan malam menjelang tidur dipercaya menyembuhkan asam lambung.

Sumber : CERMATI.COM
×
Berita Terbaru Update